SEJARAH STM BONSER 3

SMK Negeri 5 Jakarta, sebelumnya bernama STM Pembetulan dan Pemeliharaan, didirikan pada Tahun 1956 dengan SK No. 6737/B III tertanggal, 18 Februari 1956, di lokasi Kampung Jawa hingga 1957. Pada Tahun 1958 kembali pindah ke Jalan Budi Utomo No. 5 sampai dengan Tahun 1959. Pada Tahun 1960 barulah menempati gedung baru di Jalan Kebon Sereh VII (BONSER 7) dulunya dan diganti ( Jalan Pisangan Baru Timur VII pada tahun 1981/82 ). Jalan Kebon Sereh di bagi 2 yaitu utara dan selatan. Kalo utara ada gank 7, 8,9,10 dan selatan ada 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Nama pisangan baru diambil dari pasar pisang di pinggir rel kereta api bonser selatan dekat terowongan. Mungkin karena cukup terkenal makanya di ganti dg nama pisangan dan menjadi 2 yaitu pisangan lama (seberang tol depan sekolah bonser) dan pisangan baru / Kebon Sereh.
Nama bonser diambil dari singkatan Kebon Sereh. Yang awalnya Cuma sebutan utk orang2 disekitar rumah tersebut. Dan ada pertandingan sebokbola anak2 antar gank di tmp itu. Dari bonser Selatan yg mengusung nama BONSELA 1,2,3,4,5, dan 6 dan dr Utara yg mengusung nama BONSER 7, BONSER 8, 9 DAN 10 dan pemenangnya dr Bonser 9 wkt itu. STM 3 dulunya bernama STM TELADAN (kalo gak salah) lalu diganti jadi STM 3 JAKARTA ganti lagi jadi STM NEGERI 3 ganti lagi jadi SMK Negeri 5 Jakarta sejak 1994 hingga sekarang.
Waktu jaman MALARI, .. STM 3 pernah di kepung oleh tentara mungkin krn tdk pro dg pemerintah dan beberapa siswanya di tahan di dlm ruangan sebagian lari tunggang lenggang selamatkan diri (wkt itu saya msh kecil dan plg dr sekolah TK). Dan saya ingat betul wkt ada perkelahian antara anak2 Bonser utara/selatan dg anak2 Berland (maklum perumahan utara/selatan di bonser Perumahan anggota AURI). Jadi emang dr dulunya nama BONSER terkenal dan sudah ditakuti.
Cikal bakal nama STM 3 BONSER diambil dr tawuran anak2 Bonser utara dan anak STM 3 yg kebanyakan dr Tj priok pd wkt itu. Setelah berdamai maka tersebutlah STM 3 Bonser. Dulunya banyak anak2 dari Bonser selatan dan Utara yg sekolah di STM 3 dan mereka sepakat menyebut STM 3 menjadi BONSER 3. Baru setelah itu lahir nama Boedoet (Budi Utomo), Chaptoen (SMA 10) Angka 10 yg dulunya Rp. 10,- Kebanyakan dr mereka kalo ditanya sekolah dimana..?? Di bonser jwbnya… itu pasti STM 3. Trend jaman sekolah dulu Dengan nama lingkungan sebenarnya dimulai dr STM 3 BONSER. Yang lain Cuma ikut2an doang
Walaupun nama sekolah dan nama jalan sudah diganti, tetap saja mitos dan nama angker BONSER 3 gak pernah dilupakan dan jadi momok menakutkan utk sekolah2 lain. Apalagi nama Jalan Kebon Sereh sudah sangat terkenal di Era 60an.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *